Posted in:
By Unknown 0 komentar

Apa Itu ActionScript ?

logo actionscript
Action Script adalah bahasa pemrograman Adobe Flash yang dirancang untuk memudahkan programmer untuk membuat aplikasi berbasis flash, keuntungannya antara lain adalah untuk system navigasi pada suatu situs atau presentasi, menghemat ukuran file, membuat hal-hal yang bersifat interaktif.





PERKEMBANGAN ACTIONSCRIPT

ActionScript “1.0″ Dengan rilis Flash 5 pada bulan September 2000, “aksi” dari Flash 4 ditingkatkan sekali lagi dan bernama “ActionScript” untuk pertama kalinya. Ini adalah versi pertama dengan ActionScript pengaruh dari JavaScript dan ECMA-262 (Third Edition) standar, mendukung kata objek model standar dan banyak dari inti tipe data . Lokal variabel dapat dinyatakan dengan pernyataan var, dan user-defined fungsi dengan parameter yang lewat dan kembali nilai-nilai juga dapat diciptakan. Terutama, ActionScript sekarang bisa juga diketik dengan editor teks daripada yang dirakit dengan memilih tindakan dari daftar drop-down dan kontrol kotak dialog.  Dengan rilis berikutnya dari authoring tool-nya, Flash MX, dan pemain yang sesuai, Flash Player 6 , bahasa dasarnya tetap tidak berubah, hanya ada perubahan kecil, seperti penambahan pernyataan switch dan “kesetaraan ketat” (== =) operator, yang membawa lebih dekat menjadi ECMA-262 -compliant. Dua fitur penting dari ActionScript yang membedakannya dari versi terbaru yang jenisnya longgar sistem dan ketergantungan pada prototipe berbasis warisan . Mengetik Loose mengacu pada kemampuan sebuah variabel untuk menyimpan semua jenis data. Hal ini memungkinkan untuk pembangunan script yang cepat dan sangat cocok untuk proyek skala kecil scripting. Berbasis warisan Prototype adalah ActionScript 1.0 mekanisme untuk menggunakan kembali kode dan pemrograman berorientasi obyek . Alih-alih kata kunci kelas yang mendefinisikan karakteristik umum dari sebuah kelas , ActionScript 1.0 menggunakan obyek khusus yang berfungsi sebagai “prototipe” untuk kelas objek. Semua karakteristik umum dari sebuah kelas didefinisikan dalam’s prototipe objek kelas dan setiap instance dari kelas yang berisi link ke objek prototipe.

ActionScript 2.0 Penyempurnaan utama berikutnya dari bahasa, ActionScript 2.0, diperkenalkan pada bulan September 2003 dengan merilis Flash MX 2004 dan pemain yang sesuai, Flash Player 7 . Dalam menanggapi permintaan pengguna untuk bahasa lebih siap dan lebih kompleks untuk aplikasi yang lebih besar, ActionScript 2.0 menampilkan waktu kompilasi memeriksa jenis dan kelas berbasis sintaks , seperti kelas kata kunci dan meluas. (Sementara ini diperbolehkan untuk pemrograman berorientasi objek pendekatan yang lebih terstruktur, kode masih akan dikompilasi untuk ActionScript 1.0 bytecode , yang memungkinkan untuk digunakan pada Flash Player sebelumnya 6 juga,. lainnya Dalam kata-kata berbasis kelas warisan sintaks itu lapisan di atas sistem berbasis prototipe yang ada.) Dengan ActionScript 2.0, pengembang dapat membatasi variabel untuk tipe tertentu dengan menambahkan anotasi tipe sehingga kesalahan ketik mismatch dapat ditemukan pada saat kompilasi . ActionScript 2.0 juga memperkenalkan berbasis warisan kelas sintaks sehingga pengembang dapat membuat kelas dan interface, sebanyak yang mereka akan di-berbasis kelas bahasa seperti Java dan C + + . Versi ini sesuai sebagian kepada ECMAScript draft spesifikasi Edisi Keempat.

ActionScript 3.0 Pada bulan Juni 2006, ActionScript 3.0 debutnya dengan Adobe Flex 2.0 dan pemain yang sesuai, Flash Player 9 . ActionScript 3.0 adalah restrukturisasi mendasar bahasa, begitu banyak sehingga sama sekali berbeda menggunakan mesin virtual . Flash Player 9 berisi dua mesin virtual, AVM1 untuk kode yang ditulis dalam ActionScript 1.0 dan 2.0, dan AVM2 untuk konten yang ditulis dalam ActionScript 3.0. Actionscript 3.0 menambahkan dukungan terbatas untuk akselerasi hardware ( DirectX , OpenGL ).


TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT

 

Leave a Reply