Posted in:
By Unknown 0 komentar
By Unknown 0 komentar
Apa Itu ActionScript ?
Action Script adalah bahasa pemrograman Adobe Flash yang dirancang untuk memudahkan programmer untuk membuat
aplikasi berbasis flash, keuntungannya antara lain adalah untuk system
navigasi pada suatu situs atau presentasi, menghemat ukuran file,
membuat hal-hal yang bersifat interaktif.
ActionScript 2.0 Penyempurnaan utama berikutnya
dari bahasa, ActionScript 2.0, diperkenalkan pada bulan September 2003
dengan merilis Flash MX 2004 dan pemain yang sesuai, Flash Player 7
. Dalam menanggapi permintaan pengguna untuk bahasa lebih siap dan
lebih kompleks untuk aplikasi yang lebih besar, ActionScript 2.0
menampilkan waktu kompilasi memeriksa jenis dan kelas berbasis sintaks , seperti kelas kata kunci dan meluas.
(Sementara ini diperbolehkan untuk pemrograman berorientasi objek
pendekatan yang lebih terstruktur, kode masih akan dikompilasi untuk
ActionScript 1.0 bytecode , yang memungkinkan untuk digunakan pada Flash Player sebelumnya 6 juga,. lainnya Dalam kata-kata berbasis kelas warisan sintaks itu lapisan di atas sistem berbasis prototipe yang ada.) Dengan ActionScript 2.0, pengembang dapat membatasi variabel untuk tipe tertentu dengan menambahkan anotasi tipe sehingga kesalahan ketik mismatch dapat ditemukan pada saat kompilasi . ActionScript 2.0 juga memperkenalkan berbasis warisan kelas sintaks sehingga pengembang dapat membuat kelas dan interface, sebanyak yang mereka akan di-berbasis kelas bahasa seperti Java dan C + + . Versi ini sesuai sebagian kepada ECMAScript draft spesifikasi Edisi Keempat.
ActionScript 3.0 Pada bulan Juni 2006, ActionScript 3.0 debutnya dengan Adobe Flex 2.0 dan pemain yang sesuai, Flash Player 9 . ActionScript 3.0 adalah restrukturisasi mendasar bahasa, begitu banyak sehingga sama sekali berbeda menggunakan mesin virtual . Flash Player 9 berisi dua mesin virtual, AVM1 untuk kode yang ditulis dalam ActionScript 1.0 dan 2.0, dan AVM2 untuk konten yang ditulis dalam ActionScript 3.0. Actionscript 3.0 menambahkan dukungan terbatas untuk akselerasi hardware ( DirectX , OpenGL ).
PERKEMBANGAN ACTIONSCRIPT
ActionScript “1.0″ Dengan rilis Flash 5 pada bulan
September 2000, “aksi” dari Flash 4 ditingkatkan sekali lagi dan
bernama “ActionScript” untuk pertama kalinya. Ini adalah versi pertama dengan ActionScript pengaruh dari JavaScript dan ECMA-262 (Third Edition) standar, mendukung kata objek model standar dan banyak dari inti tipe data . Lokal variabel dapat dinyatakan dengan pernyataan var, dan user-defined fungsi dengan parameter yang lewat dan kembali
nilai-nilai juga dapat diciptakan. Terutama, ActionScript sekarang
bisa juga diketik dengan editor teks daripada yang dirakit dengan
memilih tindakan dari daftar drop-down dan kontrol kotak dialog.
Dengan rilis berikutnya dari authoring tool-nya, Flash MX, dan pemain
yang sesuai, Flash Player 6 , bahasa dasarnya tetap tidak berubah, hanya ada perubahan kecil, seperti penambahan pernyataan switch dan “kesetaraan ketat” (== =) operator, yang membawa lebih dekat menjadi ECMA-262
-compliant. Dua fitur penting dari ActionScript yang membedakannya dari
versi terbaru yang jenisnya longgar sistem dan ketergantungan pada
prototipe berbasis warisan . Mengetik Loose mengacu pada kemampuan sebuah variabel
untuk menyimpan semua jenis data. Hal ini memungkinkan untuk
pembangunan script yang cepat dan sangat cocok untuk proyek skala kecil
scripting. Berbasis warisan Prototype adalah ActionScript 1.0
mekanisme untuk menggunakan kembali kode dan pemrograman berorientasi obyek . Alih-alih kata kunci kelas yang mendefinisikan karakteristik umum dari sebuah kelas
, ActionScript 1.0 menggunakan obyek khusus yang berfungsi sebagai
“prototipe” untuk kelas objek. Semua karakteristik umum dari sebuah
kelas didefinisikan dalam’s prototipe objek kelas dan setiap instance dari kelas yang berisi link ke objek prototipe.
ActionScript 3.0 Pada bulan Juni 2006, ActionScript 3.0 debutnya dengan Adobe Flex 2.0 dan pemain yang sesuai, Flash Player 9 . ActionScript 3.0 adalah restrukturisasi mendasar bahasa, begitu banyak sehingga sama sekali berbeda menggunakan mesin virtual . Flash Player 9 berisi dua mesin virtual, AVM1 untuk kode yang ditulis dalam ActionScript 1.0 dan 2.0, dan AVM2 untuk konten yang ditulis dalam ActionScript 3.0. Actionscript 3.0 menambahkan dukungan terbatas untuk akselerasi hardware ( DirectX , OpenGL ).
TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT